Site Loader

Keputusan untuk mengubah arah dari seri balap simulasi Project CARS merupakan langkah yang beresiko bagi Bandai Namco dan Slightly Mad Studios. Apalagi seri game ini sudah memilki basis fans yang cukup kuat, terlebih game ini sendiri dibangun dengan pondasi komunitas. Karena Project CARS sendiri awalnya merupakan singkatan dari Project Community Assisted Racing Simulator.

Kami pun akhirnya memahami mengapa reaksi negatif begitu banyak disuarakan oleh para komunitas kepada Project CARS 3 ini. Gamenya memang beralih dari apa yang seharusnya ada dari seri ini. Namun bagaimana bila kita melihat dari sisi gamenya tanpa membebankan apa yang dimiliki oleh seri sebelumnya, karena kita tahu bahwa pengembang Slightly Mad Studios sudah menjelaskan sejak awal bahwa game selanjutnya akan lebih arcade?

Maka berikut ini adalah pembahasan lebih mendalam tentang Project CARS 3 ini.

Grafis Game Indah

Sebagai sebuah seri baru, terlebih setelah akuisisi oleh Codemaster ternyata tidak membuat Slightly Mad Studios beralih menggunakan Ego Engine dan tetap bertahan dengan Madness Engines yang sudah digunakan sejak game pertamanya. Alhasil, tidak ada perubahan signifikan terhadap grafis yang dibawa di Project CARS 3 ini.

Kamu tetap akan ditampilkan grafis memukau khas dari seri Project CARS, apalagi ketika kami menjalankannya di PC dengan settingan rata kanan. Mulai dari detail mobil, jalanan, hingga beragam track ditampilkan dengan bagus. Meskipun di beberapa track terlihat kurang dipoles dan jadi terasa tidak seindah track lainnya.

Lihat Juga : Alasan Mengapa Harus Mencoba Bermain Project CARS 3

Fakta lain adalah bahwa engines ini telah digunakan sejak lama, sehingga membuat beberapa elemen visual terasa ketinggalan. Semisal simulasi hujan yang terasa kurang berinteraksi dengan mobil dan lingkungan lintasannya. Lingkungan yang hadir pun masih terasa statis meski gamenya sendiri memiliki fitur cuaca dinamis.

Cukup disayangkan bahwa aspek grafis dari Project CARS terbaru tidak lagi menjadi poin plus utama dari gamenya, namun setidaknya ia masih memberikan sebuah presentasi yang cukup layak untuk game balap generasi sekarang.

Bunyi Mesin

Bila grafis sebelumnya tampil kurang memuaskan, maka untuk urusan suara kami memberikan pujian terhadap tim dari Slightly Mad Studios. Karena sebagai game balap yang berfokus kepada mobil-mobil yang ada di dalamnya akhirnya seri Project CARS berhasil memberikan presentasi yang epik terhadap suara-suara mobilnya.

Keseriusan terlihat dari suara dari tiap mobil yang kini ditampilkan berbeda-beda dan bahkan bisa dibilang mendekati dengan suara di dunia aslinya. Belum lagi tiap mobil akan memiliki variasi suara yang berbeda ketika dimodifikasi menjadi mobil balap. Hal ini tentunya akan menyenangkanmu bila kamu memang suka menikmati suara deru dari mesin ketika balapan.

Musik yang menjadi pengiring ketika balapan memang tentunya bukan menjadi perhatian utama dalam game balap. Namun anehnya, di settingan bawaan musik latar yang dimainkan terasa sangat kencang dan bahkan cenderung mengganggu jalannya balapan. Jadi mungkin kami sarankan untuk mengecilkan suara musik atau hilangkan total suara musiknya.

Bagi mereka yang tidak terlalu memikirkan tentang detil suara, maka setidaknya kamu akan mendapatkan pengalaman yang tidak membosankan untuk mencoba tiap mobil yang ada. Dan tidak akan mendengar mobilmu bersuara seperti sebuah mesin artificial yang diolah melalui komputer saat bermain.

Mirip Seperti Game Need For Speed: Shift

Meski genre racing sedang redup ditelan masa, namun hal tersebut tak buat beberapa developer yang miliki spesialisasi untuk membuatnya menyerah begitu saja. Polyphony Digital misalnya yang berhasil rilis Gran Turismo Sport dengan wajah baru yang tak hanya menggoda, namun juga memberikan inspirasi pada game lain untuk mengikutinya. Sebuah hal yang kini sepertinya menjadi haluan baru bagi Project CARS selanjutnya.

CEO Slightly Mad Studios, Ian Bell baru saja menyatakan bahwa Project CARS 3 akan berpindah haluan dan akan menjadi “penerus” dari Need for Speed Shift. Menurutnya, mereka akan mengadaptasi beberapa elemen dari game tersebut tanpa mengurangi elemen simulasi yang menjadi ciri khasnya.

Bagi kamu yang belum tahu, Need for Speed Shift miliki cockpit view, atau sudut pandang pembalap terbaik yang pernah ada di game balap. Membuatmu merasakan bagaimana menjadi pembalap sungguhan yang berada di dalam mobil.

Post Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *